Teknik Dasar Jigging

Posted by MONSTER FISHING


Menurut parah ahli, Jigging salah satu teknik mancing bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul. Nelayan dari beberapa negara sejak ribuan tahun yang lalu telah mencoba "menipu" ikan dengan menggunakan umpan palsu yang dibuat dari timah atau dari logam lain yang berbentuk ikan kecil yang di cemplungkan kedasar laut kemudian di tarik dengan cepat keatas.
Teknik jigging di atas kapal dengan mengikuti arus laut biasanya disebut Butterfly jigging system. Butterfly jigging sistem  merupakan teknik jigging yang di rancang agar pemancing dapat lebih merasakan sensasi getaran yang di hasilkan dari perlawanan ikan saat umpan di sambar.  sensasi sambaran lebih mirip dengan perasaan adanya listrik yang seakan akan mengalir melalui joran di setiap gerakan ikan yang melawan, karena kepekaan dari tackle.

Berikut macam tekni jigging :
- Butterfly-reguler/ Flad- side
Teknik butterfly  membutuhkan gerakan yang tepat untuk memberikan aksi pada jig tersebut. teknik ini dapat bekerja dengan tackle  konvensional ataupun spinning dengan hasil yang sama.

Setelah jig anda jatuhkan ke kedalam yang anda inginkan, ujung jorang menghadap kebawah. dengan keadaan melingkar keatas, ujung joran akan di angkat keatas diturunkan kebawah menurut rotasi reel.
Gulungan mengambil gerakan melingkar ketat yang dekat ketubuh dengan gagang joran dijepit longgar di bawah ketiak kiri. jarak dimana ujung joran bergerak dari atas ke bawah dalah sekitar 10 sampai 20 inci tergantung pada aksi yang diinginkan dan kecepatan retrive. Teknik ini akan bekerja  dengan aksi cepat dan lambat tergantung bagaiman ikan cepat bereaksi.

Butterfly- Long
Butterfly long jig sangat produktif dan bekerja dengan baik dengan teknik jigging standar seperti yang telah diuraikan sebelumnya, serta teknik long jig dijelaskna di bawah ini.
Teknik model long bekerja dengan baik dengan tackle spinning maupun konvensional. Teknik ini memerlukan gagang joran di jepit secara longgar di bawah ketiak anda, tergantung pada jenis reel ( spinning atau konvensional). Setelah jig mencapai kedalaman yang diinginkan, ujung batang joran diarahkan ke bawah. Dengan gerakan menyentak keaatas, membawa ujung joran keposisi  jam 11:00. ulangin seperti yang di jelaskan sebelumnya. anda dapat menyesuaikan kecepatan menggulung tergantung bagaimana ikan bereaksi.

Related Post



Posting Komentar